Contact : 081997935872 (Watshap) I Email : indraalsasak@gmail.com

Perbedaan Sub Domain, Parked Domain dan Add On Domain

Perbedaan Sub Domain, Parked Domain dan Add On Domain

ItSasak.Id – Tentu kalian masih ada yang belum mengetahui perbedaan dari istilah Sub Domain, Parked Domain dan Add On Domain. Supaya kita bisa memahami dan membedakan antara ketiga istilah tersebut, pertama kita harus terlebih dahulu memahami istilah atau konsep mengenai Main Domain (Domain Utama).

MAIN DOMAIN

Setiap paket hosting yang Anda order, akan selalu berpasangan atau mempunyai 1 buah Main Domain (Domain Utama). Karena untuk bisa menikmati sebuah hosting tentu kita juga sudah harus menyiapkan domain untuk hosting tersebut. ibaratnya seperti ini: anda memiliki sebuah PC atau Laptop, untuk bisa mengakses dan berselancar di Internet tentu anda harus mempunyai koneksi internet, nah untuk menikmati internet setiap komputer dan laptop yang terhubung harus memiliki sebuah IP Address sebagai identitas dari perangkat kita. Begitu juga dengan sebuah hosting harus memiliki sebuah identitas yang disebut juga dengan istilah Domain.

Sebuah hosting, akan memiliki sejumlah sumberdaya yang dialokasikan untuknya.  Sumberdaya yang dimaksudkan adalah CPU (prosesor), RAM (memory) dan Disk Space (kapasitas disk).
Tergantung dari besarnya masing-masing paket hosting, kadangkala 1 buah paket hosting hanya digunakan untuk kepentingan 1 buah website saja dan oleh karena itu hanya dipasangkan dengan 1 buah domain, yakni Main Domain tadi.  Namun ada kalanya juga, 1 buah paket hosting digunakan untuk lebih dari 1 buah website (meng-“host” lebih dari 1 buah website/domain).  Nah, domain-domain tambahan lain selain dari Main Domain tersebut, kita namakan atau kita sebut sebagai Domain Tambahan.
Di cPanel, domain tambahan ini ada 2 jenis, yakni Park Domain atau Parked Domain, atau juga Domain yang di-parkir-kan dan Add On Domain.  Tiap-tiap paket hosting memiliki batasan berapa jumlah domain tambahan yang bisa ditambahkan padanya.
Tentu saja, Anda boleh saja tidak menambahkan sama sekali domain-domain tambahan ini atau hanya menambahkan 1 atau 2 buah domain tambahan saja, sesuai dengan keperluan Anda.

PARKED DOMAIN

Park Domain atau domain yang di-parkir-kan adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Domain jenis ini hanya digunakan sebagai alias (nama lain, atau redirect) dari Main Domain yang bersangkutan.
Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.itsasak.id
Lalu Anda tambahkan sebuah Park Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.itsasak.net
Yang akan terjadi adalah ketika para pengguna membuka www.itsasak.net pada browser mereka, yang akan ditampilkan adalah website www.itsasak.id
Dengan kata lain, www.itsasak.net = www.itsasak.id

Harap diingat dan dicatat bahwa Park Domain tidak bisa dikembangkan menjadi sebuah website independen (website tersendiri).  Hal ini akan menjadi lebih jelas setelah kita membaca penjelasan mengenai Add On Domain dibawah ini.

ADD ON DOMAIN

Add On Domain adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Berbeda dengan Park Domain, domain jenis ini bukan diperuntukkan untuk kepentingan redirect.  Domain jenis ini bisa kita kembangkan menjadi sebuah website independen – dengan menggunakan sumberdaya paket hosting yang sama (dengan kata lain, CPU – RAM – Disk Space paket hosting bersangkutan berbagi pakai dengan website/domain yang di-“host”-kan pada paket hosting yang sama).
Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.itsasak.id
Lalu Anda tambahkan sebuah Park Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.bukanitsasak.com
Domain www.itsasak.id adalah sebuah website tersendiri, katakanlah Anda develop menggunakan WordPress.
Domain www.bukanitsasak.com adalah sebuah website tersendiri, katakanlah Anda develop menggunakan Joomla.
Kedua website tersebut di-“host”-kan pada paket hosting yang sama.  Jadi kedua website tersebut – walau saling berdiri secara independen antara satu sama lain – menggunakan kekuatan CPU, RAM dan Disk Space dari paket hosting yang sama.

SUB DOMAIN

Subdomain sebenarnya bukanlah sebuah domain.  Subdomain hanyalah pembagian ruang di dalam suatu domain tertentu. Sebagai contoh, kita mau membuat sebuah subdomain dari Main Domain kita.  Katakanlah Main Domain yang kita miliki adalah www.itsasak.id, dan kita ingin membuat sebuah subdomain bernama “mobile” terhadap main domain tersebut.
Maka hasilnya adalah mobile.itsasak.id, dimana “mobile” disana adalah subdomain dari www.itsasak.id

Nah itulah perbedaan dan penjelasan dari IT Sasak mengenai 3 istilah dalam sebuah hosting antara subdomain, parked domain dan add on domain. semoga dari penjelasan diatas dapat membantu anda memahami perbedaan dan penggunaan domain tambahan tersebut.

Written by Indra Al-Sasak

Muhammad Lutfi Indrawan (CEO & Founder IT Sasak) Merupakan Putra Indonesia dari Pulau yang disebut Pulau Cabe NTB. Saat ini sedang menyelesaikan Studi S2 Informatika Medis di Kampus tertua di daerah Istimewa Yogyakarta (Universitas Islam Indonesia) Website: http://www.itsasak.id

0 comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *